Minim Sosialisasi ASO, DPRD Jabar: Padahal Program Strategis

  • Bagikan

BANDUNG NEWS – Usai diterapkan TV Digital oleh pemerintah di wilayah Jawa Barat terutama Bandung membuat anggota DPRD Jawa Barat angkat bicara.

Hal itu disampaikan anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Rafael Situmorang. Menurutnya kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kurang mensosialisasi terkait Analog Switch Off (ASO) kepada masyarakat.

Rafael Situmorang mengatakan bahwa hal tersebut menyebabkan ketidak merataan pemahaman di kalangan masyarakat terkait ASO.

Baca Juga:  Hasil Kolaborasi, Jabar Kirim Oksigen ke Rumah Sakit Immanuel

Padahal, lanjut dia, ASO sendiri menjadi kebijakan strategis yang memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk lahirnya media massa baru. Namun juga dengan terbukanya berbagai macam peluang untuk masyarakat.

“Sebenarnya memang sangat kurang sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini kementrian komunikasi dan informatika khususnya di Jawa Barat, padahal ini menjadi program strategis dan banyak manfaat untuk masyarakat,” kata Rafael, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Kepemimpinan, Profesi yang Tidak Akan Pernah Hilang

“Untungnya di tengah kondisi seperti ini, KPID bersama Diskominfo terus berusaha melakukan edukasi ke masyarakat, hingga ke pelosok Jawa Barat guna memberikan pemahaman kepada masyarakat manfaat apa saja yang bisa di dapatkan dengan hadirnya ASO,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPID Jabar Adiyana Slamet mengatakan, edukasi untuk masyarakat menjadi bagian penting yang harus dilakukan bersama dan berkelanjutan.

Menurut Adiyana, untuk mendapatkan hasil yang optimal pasca ASO ini, seperti yang dilakukan di Kabupaten Bandung dengan tajuk, ‘Menyongsong Ekosistem Penyiaran Pasca Analog Switch Off’ di Kabupaten Bandung.

Baca Juga:  Waspada, Kasus Covid-19 Terus Meningkat di Garut

“Edukasi seperti hari ini merupakan bagian dari konsistensi komitmen dari KPID bersama Diskominfo dan DPRD Jawa Barat bahwa Analog Switch Off ini sebuah keniscayaan maka kami terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” ucap Adiyana menandaskan.

  • Bagikan