Olahraga 5 Menit Setiap Hari Bisa Menyehatkan Tubuh


PURWAKARTA NEWS – Salah satu menjaga pola hidup sehat yaitu dengan cara berolahraga. Lakukan dari sekarang cukup sempatkan waktu lima menit saja untuk berolahraga.

Olahraga 5 Menit Setiap Hari Bisa Menyehatkan Tubuh

BANDUNG NEWS – Olahraga lima menit setiap harinya bisa mendapat berbagai manfaat seperti meningkatkan energi, membuat tidur lebih nyenyak, mencegah berbagai penyakit, mengurangi berat badan berlebih, dan meningkatkan mood.

Berikut ini 5 jenis olahraga yang bisa dilakukan setiap hari:

1. Overhead Stretch

Mulai harimu dengan olahraga singkat di tempat tidur. Caranya cukup tidur terlentang dengan kaki lurus, rentangkan tangan di atas kepala, dan regangkan tubuh mulai dari ujung jari kaki. Kemudian sambil meregangkan tubuh, ambil napas sebanyak 3–4 kali.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Charm Indonesia Kenalkan Konsep Gaya Hidup Ethical Living for SDGs

Usahakan untuk melakukan gerakan ini sesantai mungkin, ya. Dengan begitu, kamu akan bangun dengan segar dan tentunya menjadikan mood-mu semakin baik.

2. Olahraga Tabata

Olahraga yang satu ini patut kamu coba. Olahraga Tabata memiliki rangkaian gerakan berupa push up, burpees, dan jalan di tempat. Olahraga ini bisa kamu lakukan ketika bangun tidur, dan setiap gerakannya cukup kamu lakukan selama 20 detik.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Charm Indonesia Kenalkan Konsep Gaya Hidup Ethical Living for SDGs

3. Jalan Kaki

Jalan kaki memang kelihatannya sederhana, tapi ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Jalan kaki bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menguatkan tulang.

Untuk melakukan olahraga ringan ini di sela-sela kesibukan, kamu bisa mencoba untuk naik tangga dibandingkan naik lift saat di kantor. Hal ini akan semakin menyenangkan bila kamu lakukan sambil mendengarkan musik favorit.

4. Lompat di Tempat

Menunggu makan siang datang bisa jadi hal yang membosankan. Nah, untuk mengisi waktu luang ini, kamu bisa melakukan gerakan ringan selama 5 menit yang dapat membantu tubuh bugar, seperti lompat di tempat.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Charm Indonesia Kenalkan Konsep Gaya Hidup Ethical Living for SDGs

5. Tarik Napas Dalam Sebelum Tidur

Setelah lelah beraktivitas, ada baiknya kamu menutup hari dengan gerakan olahraga ringan. Caranya, berbaringlah di tempat tidur dengan posisi senyaman mungkin. Setelah itu, bernapas seperti biasa dan rasakan serta dengarkan setiap embusan napasmu.

Hal ini bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak, mengurangi stres, dan membuatmu bangun lebih segar di pagi hari.[amt]