Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Jabar · 23 Feb 2021 06:17 WIB

Pembangunan Infrastruktur Pengendali Banjir di Jabar Terus Berjalan


 Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil . (Foto: Yogi P/Humas Jabar) Perbesar

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil . (Foto: Yogi P/Humas Jabar)

BANDUNG NEWS – Pembangunan infrastruktur pengendali banjir di Jawa Barat (Jabar) terus berjalan. Ada yang sudah 100 persen selesai. Ada pula yang masih dalam tahap pembangunan.

Hal itu dikatakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai memimpin Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).

“Penyodetan Sungai Cisangkuy sudah 100 persen. Yang tadinya air dari Cisangkuy ke Citarum melewati permukiman dan bikin banjir, hari ini air dari Cisangkuy sudah dibelokan langsung ke Citarum tanpa melewati permukiman. Itu contoh program penanganan banjir yang sudah 100 persen,” kata Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Sekda: Jabar Juara Lahir Batin Jika Desa Bergerak Maju

Selain Sodetan Cisangkuy, sejumlah bendungan untuk mengendalikan banjir di beberapa daerah, seperti Bendungan Sadawarna, sedang berjalan. Pun demikian dengan penanganan banjir di Kali Bekasi.

“Kali Bekasi ada tiga proyek baru dimulai awal tahun. Upaya penanganan sedang dikerjakan. Ada yang baru dimulai, ada yang sudah 50 persen, ada yang sudah 100 persen,” tuturnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dampingi Presiden Jokowi Bagikan Bansos di Kantor Pos Bandung

Menurut Kang Emil, selain pembangunan infrastruktur pengendali banjir, penanganan banjir tersebut dilakukan, seperti melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Upaya-upaya terus kami lakukan. Termasuk pada saat warga yang terdampak pandemi COVID-19 kena banjir. Ini juga sudah saya instruksikan agar pasien-pasien di area banjir mendapatkan atensi yang lebih maksimal,” ucapnya.

“Yang kita bisa janjikan adalah mengurangi (banjir) karena faktor iklim ini tidak semua ilmu manusia bisa mengetahuinya,” imbuhnya.

Baca Juga:  Tingginya Angkat Kematian, DPRD Jabar Dorong Pemprov Tambah Lahan Pemakan Covid-19

Kang Emil menuturkan, pihaknya intens berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk penanganan banjir. Salah satunya perbaikan tanggul Sungai Citarum yang jebol di Kabupaten Bekasi.

“Jadi dari sisi kebencanaan, BBWS mayoritas jadi penanggungjawab dalam proses perbaikan. Tadi malam saya koordinasi karena ada tanggul jebol Citarum sehingga sedang dilakukan upaya penanganan secara sementara,” katanya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPRD Jabar Ungkap Kekurangan Penataan Kawasan Cihideng Tasikmalaya

7 Desember 2022 - 17:24 WIB

Minim Sosialisasi ASO, DPRD Jabar: Padahal Program Strategis

7 Desember 2022 - 17:11 WIB

Fraksi PKS DPRD Jabar Minta Anggaran Tanggap Bencana Ditambah

7 Desember 2022 - 16:48 WIB

Digelar di Ponpes Miftahul Huda, GMP Berbagi Berlangsung Khidmat

28 November 2022 - 23:25 WIB

GMP Berbagi

Bantu Rakyat Kecil, GMP Karawang Gelar Bazar Sembako Murah

27 November 2022 - 14:11 WIB

Jabar MoU dengan Pemerintah Pusat, Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

19 November 2022 - 07:46 WIB

Trending di Jabar