Pemkab Purwakarta Diganjar Penghargaan Sebagai Kota Layak Anak


Penyerahan sertifikat tanah secara simbolis diberikan oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna mustika didampingi Kepala BPN Purwakarta Hehen Suhendar kepada sejumlah penerima

BANDUNG NEWS – Bukan hanya Kota Bandung yang meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA), daerah lainnya seperti Kabupaten Purwakarta juga sukses meraih sebagai KLA.

Penghargaan secara simbolis diterima oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Purwakarta meraih penghargaan KLA Kategori Pratama bersama 9 kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat.

“Alhamdulillah Kabupaten Purwakarta yang pertama kali kali ini dinobatkan menjadi Kabupaten dan Kota Layak Anak dengan kategori pratama,” kata Ambu Anne.

Baca Juga:  Perkuat Layanan PosAja!, Pos Indonesia Gandeng Nujek dan Perkenalkan O-Ranger Mawar

Dia menjelaskan, terdapat 24 indikator penilaian dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang sudah ada pada Pemerintahan Kabupaten Purwakarta.

“24 indikator itu, diantaranya adalah pemenuhan hak anak sudah ada lima klaster oleh tim penilai dari kementerian, seperti yang sudah paling utama dalam pemenuhan hak anak yaitu,” katanya.

Penghargaan yang di dapatkan Pemkab Purwakarta melalui Dinsos Purwakarta ini dari syarat lima klaster sudah dipenuhi seluruhnya, bahkan saat ini untuk Pemkab Purwakarta sendiri sudah terdapat Peraturan Daerah (Perda) layak anak.

Baca Juga:  Safari Vaksinasi dan Baksos, Ridwan Kamil Tinjau Vaksinasi Pelajar di Kota Tasikmalaya

“Pemenuhan hak anak yaitu ada lima klaster, Kabupaten Purwakarta sudah memenuhi lima klaster tersebut, yang pertama adalah proses kelembagaan Alhamdulillah Perda kita sudah ada Perda Kabupaten layak anak, ada pembentukan OPD dinas terkait yaitu Dinas Sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan ibu dan anak,” ucapnya.

Baca Juga:  KCD Pendidikan Wilayah IV Jabar Acuhkan Surat Silaturahmi dan Koordinasi Dewan Pendidikan Purwakarta

“Yang kedua adalah pemenuhan hak sipil dan kebebasan, kita terus mendorong anak-anak Purwakarta harus memiliki akte lahir, kartu tanda anak juga dorong, ketiga adalah kesehatan dasar dan kesejahteraan ini yang paling penting, ada 10 Puskesmas yang sudah ditetapkan dan terakreditasi sebagai Puskesmas yang ramah anak, dan semua sekolah juga hampir semua sekolah di semua tingkat berkomitmen untuk menjadikan sekolah ramah anak,” pungkasnya.

(amt)