Pemkot Bandung Raih Hasil BB, Evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2020


BANDUNG NEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dengan hasil memuaskan (BB).

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan, Pemkot Bandung berkomitmen mempertahankan prestasi yang telah diraih. Di antaranya dalam manajemen kerja, yaitu melalui perubahan mindset seluruh ASN, serta perubahan budaya kerja dalam mewujudkan ASN yang akuntabel.

Baca Juga:  Satgas Antirentenir Kota Bandung Terima 7.321 Aduan Korban Pinjol

Hal tersebut disampaikan wali kota saat memberi sambutan dalam acara evaluasi SAKIP dan Penilaian Reformasi Birokrasi secara virtual di Pendopo Kota Bandung, belum lama ini

“Dalam arti mampu mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil yang menunjukan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dengan capaian kerja,” katanya.

Baca Juga:  Sekda Pemkot Bandung Dukung Reaktivasi Rumah Sakit Sukapura

Di samping itu, lanjut wali kota, Pemkot Bandung juga telah membangun sistem informasi yang memudahkan untuk memonitor kinerja ASN secara otomatis. Seperti SIRA, SIMDA, E-SAKIP/SILAKIP, E-MONEV, EDALEV, SIMONEL, dan ERK/MANGBAGJA.

Baca Juga:  Program Buruan SAE Pemkot Bandung Menarik Perhatian Pemerintah Pusat dan Dunia

“Serta pedoman penyusunan SAKIP dan evaluasi kinerja,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemkot Bandung telah melakukan tindaklanjut atas 5 rekomendasi SAKIP dan 12 rekomedasi reformasi birokasi sebagaimana hasil evaluasi dari Kemenpan-RB tahun 2020.

“Untuk itu kami jajaran Pemkot Bandung akan meningkatkan prestasi yang telah diraih,” pungkagsnya.

(amt)