Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Kesehatan · 6 Mei 2021 04:53 WIB

Penderita Maag Wajib Tahu, Ini 5 Tips Jalani Puasa Agar Tetap Sehat


 Ilustrasi penderita maag. (Foto: pexel/cottonbro) Perbesar

Ilustrasi penderita maag. (Foto: pexel/cottonbro)

BANDUNG NEWS – Makan teratur dan tepat waktu merupakan kewajiban untuk penderita  maag. Namun di bulan puasa, penderita maag sangat beresiko kambuh lantaran membiarkan perut kosong seharian.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/5/2021), berikut beberapa tips puasa bagi penderita maag agar puasa yang dijalani tetap aman dan tidak mengganggu kondisi kesehatan.

1. Jangan makan terlalu banyak saat sahur
Sahur bagi penderita gastritis adalah kewajiban. Selain untuk menyiapkan energi selama berpuasa, makan sahur juga dapat mencegah kosongnya lambung. Namun, ini bukan berarti Anda harus makan sebanyak-banyaknya saat sahur, apalagi makanan yang tinggi lemak.

Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dan tinggi lemak justru bikin perut kembung dan begah, bahkan diare pada sebagian orang. Hal tersebut juga dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung dari lambung ke kerongkongan atau refluks.

Baca Juga:  Tips Hidup Sehat ala Rasullulah SAW

Ada baiknya, Anda tidak langsung tidur setelah santap sahur. Hal tersebut dapat meningkatkan sekresi asam lambung, yang justru membuat proses pencernaan berjalan lebih lambat dan menimbulkan rasa lapar saat bangun tidur.

2. Kontrol makanan saat berbuka puasa
Jangan langsung menyantap makanan berporsi besar saat buka puasa. Lebih baik, minum air hangat atau teh manis hangat terlebih dulu. Cara ini dapat membantu kadar gula dalam tubuh untuk segera normal.

Setelah itu, Anda dapat mulai mengonsumsi makanan pembuka seperti buah kurma atau kolak pisang secukupnya. Pastikan untuk selesai makan makanan apapun sekitar 3-4 jam sebelum tidur untuk menghindari lambung yang tidak nyaman dan gejala refluks.

Baca Juga:  5 Jenis Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Usia 40 Tahun

3. Hindari beberapa jenis makanan
Beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari karena dapat membuat maag kambuh saat puasa. Makanan yang asam seperti tomat dapat memperparah keasaman lambung.

Makanan bergas seperti kol, sawi dan brokoli juga memperparah gejala sakit maag. Makanan yang pedas, dan berlemak juga dapat menambah keluhan nyeri asam lambung.

4. Beri jeda waktu sebelum tidur
Penderita mag dapat mengalami kenaikan asam lambung jika setelah makan langsung tidur. Sebaiknya, badan Anda tetap berada dalam posisi tegak setelah makan.

Baca Juga:  7 Trik Agar Foto Instagram Banyak Disukai

Anda juga dapat memberi jeda waktu sekitar satu jam setelah makan untuk tidur pada malam hari. Hal ini juga termasuk mengonsumsi kudapan atau makanan camilan.

5. Jangan stres
Sering tidak disadari, stres adalah salah satu pemicu sakit maag. Ketika stres tidak diadaptasi dengan baik oleh otak, hipotalamus akan mengaktifkan sistem hormonal otak yang melibatkan hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA-Axis), yang produk akhirnya adalah hormon stres (kortisol).

Hormon ini mempunyai fungsi membalikkan keadaan normal fisiologis dari tubuh. Hormon kortisol akan membuat peningkatan gula darah, peningkatan denyut jantung, menurunkan produksi antibodi, serta meningkatkan asam lemak dalam darah.

(nis)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

5 Jenis Makanan untuk Kesehatan Ginjal

10 Juli 2022 - 15:01 WIB

Rentan Alami Stres, Mahasiswa Jangan Ragu Untuk Cari Pertolongan

22 November 2021 - 11:21 WIB

Kemenkes Terbitkan Situs Resmi Cek Stok Vaksin Covid-19

24 Agustus 2021 - 13:49 WIB

Vaksin

Kenali Lima Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menganggu Kesehatan Tubuh

18 Agustus 2021 - 14:43 WIB

Kemenkes Hapus Vaksin Gotong Royong Berbayar

17 Agustus 2021 - 14:13 WIB

Resmi, BPOM Izinkan 8 Jenis Obat yang Bisa Digunakan Terapi Covid-19

15 Juli 2021 - 11:01 WIB

Trending di Kesehatan