Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Ekbis · 23 Feb 2021 13:34 WIB

Penurunan Suku Bunga BI Pacu Performa Kredit bank bjb


 Ilustras0 (Gambar: Firmbee/ Pixabay)  Perbesar

Ilustras0 (Gambar: Firmbee/ Pixabay) 

BANDUNG NEWS – Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 17-18 Februari 2021 menyepakati penurunan tingkat suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR). Bank sentral memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 3,5%.

Langkah strategis yang ditempuh BI untuk memacu geliat dunia usaha ini disambut positif oleh bank bjb. bank bjb yang menunjukkan performa apik dalam penyaluran kredit sepanjang tahun penuh tantangan 2020 lalu siap melakukan penyesuaian.

“Pada prinsipnya, kami mendukung langkah kebijakan yang sebangun dengan salah satu visi bank bjb untuk berkontribusi dalam membangkitkan perekonomian negeri. bank bjb optimis penurunan suku bunga ini akan meningkatkan gairah dunia usaha yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional,” kata Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Beberkan Kunci Jabar Keluar dari Krisis COVID-19

Sebagai langkah awal, Yuddy menuturkan bank bjb bakal segera melakukan langkah penyesuaian terhadap suku bunga acuan yang ditetapkan. bank bjb juga telah mempersiapkan langkah ekspansi kredit menyambut kebijakan baru ini. Perusahaan bakal bergerak agresif untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan dunia usaha sambil tetap memperhatikan tingkat risiko kredit untuk menjaga kualitas kredit di level sangat baik.

Sebagai informasi, bank bjb merupakan salah satu perbankan nasional yang mampu menunjukkan performa positif sepanjang tahun 2020 lalu. Penyaluran kredit perseroan tumbuh hingga 10,01% year-on-year (y-o-y) dengan nilai total Rp89,9 triliun per November 2020 di tengah pelambatan yang melanda industri perbankan nasional akibat pandemi COVID-19. Catatan pertumbuhan kredit ini turut dipacu peningkatan portofolio pembiayaan produktif bank bjb di pelbagai sektor usaha.

Baca Juga:  Banyak yang Nikah, Anggota DPRD Jabar Ini Ingatkan Protokol Kesehatan

bjb Torehkan Pertumbuhan Kredit di Atas Rata-rata

Jumlah pertumbuhan total kredit yang ditorehkan bank bjb berada jauh di atas rata-rata pertumbuhan industri perbankan per November 2020 yang justru mengalami kontraksi sebesar 1,39%. Pertumbuhan kredit ini diiringi dengan kualitas kredit yang baik. dengan rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) yang terjaga dibawah 1,5%, jauh di bawah rata-rata NPL industri perbankan nasional sebesar 3,18% per November 2020.

Baca Juga:  Komisi V Dorong Angggaran Perbaikan Untuk Panti Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia

Bagusnya performa penyaluran kredit bank bjb ini diikuti dengan perolehan laba bersih perseroan yang turut tumbuh 5,9% y-o-y menjadi Rp1,2 triliun selama paruh ketiga 2020. Total nilai aset bank bjb juga tumbuh 19,4% y-o-y menjadi Rp147,6 triliun.

“bankbjbakan terus berupaya untuk mempertahankan dan mengakselerasi pencapaian positif ini sesuai dengan semangat kebangkitan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Kami siap menangkap peluang dan menjemput bola untuk mendorong geliat dunia usaha lewat stimulasi pembiayaan dan dukungan pemberdayaan pelaku usaha,” tutup Widi.

(Mil)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPRD Jabar Ungkap Kekurangan Penataan Kawasan Cihideng Tasikmalaya

7 Desember 2022 - 17:24 WIB

Minim Sosialisasi ASO, DPRD Jabar: Padahal Program Strategis

7 Desember 2022 - 17:11 WIB

Fraksi PKS DPRD Jabar Minta Anggaran Tanggap Bencana Ditambah

7 Desember 2022 - 16:48 WIB

Digelar di Ponpes Miftahul Huda, GMP Berbagi Berlangsung Khidmat

28 November 2022 - 23:25 WIB

GMP Berbagi

Bantu Rakyat Kecil, GMP Karawang Gelar Bazar Sembako Murah

27 November 2022 - 14:11 WIB

Jabar MoU dengan Pemerintah Pusat, Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

19 November 2022 - 07:46 WIB

Trending di Jabar