Pola Makan Sehat Lebaran Dengan 5 Tips Ini


Lebaran
Ilustrasi (Foto: Freepik).

BANDUNG NEWS – Akhir Ramadhan disambut dengan perayaan Idul Fitri sebagai Hari Kemenangan. Perayaan ini biasanya dilengkapi dengan berbagai macam jenis makan dan minuman dengan aneka rasa manis hingga gurih yang menggugah selera.

Karena saking banyaknya makanan yang disajikan, maka perlu mengetahui pola makan yang tetap menjaga kesehatan.

Karena itu, perlu bagi kita untuk menerapkan batasan agar tidak makan secara berlebihan. Berikut beberapa cara yang pola makan sehat yang bisa kita terapkan saat Lebaran:

1. Buat target

Makanan tinggi lemak, protein dan karbohidrat sudah pasti akan tersedia di rumah saat Lebaran, ya Bunda. Namun bagi yang memiliki kondisi kesehatan seperti diabetes atau dalam program penurunan berat badan, sangat penting membatasi konsumsi beberapa jenis makanan dan tetap menahan diri.

Baca Juga:  4 Manfaat Makanan Mengandung Santan untuk Ibu Hamil

2. Tahan nafsu makan

Sudah pasti persediaan makanan di Hari Raya akan berlimpah, bahkan mungkin kita dapat menemukan berbagai jenis makan di rumah. Ini tentu akan membuat kita ingin mencobanya semua. Nah, ketika merasakan keinginan tersebut, kita bisa menahannya dengan mengalihkan pikiran dan fokus mengobrol atau melakukan aktivitas lain bersama keluarga.

Baca Juga:  5 Dampak Negatif Sering Melakukan Prank Terhadap Anak

3. Berhenti makan

Karena banyaknya hidangan saat Lebaran, membuat kita jadi suka ngemil atau mencoba-coba makanan lain. Nah untuk itu, sesaat sebelum makan, kita bisa mengisi piring dengan makanan yang benar-benar ingin dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai, lalu makan dengan perlahan.

Jika telah menghabiskan makan tersebut, jauhkan piring kosong supaya tidak muncul keinginan untuk mengisi ulang piring dengan mengambil makanan lainnya, ya Bunda.

4. Makan sayur

Jangan lupakan sayuran dalam piring Bunda. Seperti kita ketahui bersama bahwa sayur dapat memberi rasa kenyang dengan cepat dengan kandungan seratnya yang tinggi, sehingga tak membuat Bunda makan berlebihan saat Lebaran.

Baca Juga:  5 Dampak Negatif Sering Melakukan Prank Terhadap Anak

5. Hindari daging berlemak

Makanan yang biasa disajikan saat Lebaran biasanya berupa olahan berbagai jenis daging dari sapi, kambing, maupun ayam. Meskipun konsumsi daging tidak dilarang sepenuhnya, namun kita harus tetap memperhatikan dan menghindari lemak dalam potongan daging.

Cara yang bisa dilakukan, misalnya untuk ayam sebaiknya pilih potongan dada yang lemaknya cenderung sedikit. Selain itu, hindari mengonsumsi kulit ayam karena lemak pada unggas tersimpan di bagian tersebut.