Program Buruan SAE Pemkot Bandung Menarik Perhatian Pemerintah Pusat dan Dunia


BANDUNG NEWS – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengungkapkan pemerintah pusat menaruh perhatian khusus terhadap konsep Buruan SAE (Pekarangan Sehat Alami Ekonomis) yang digalakkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Tak hanya itu, konsep ini pun telah menarik perhatian dunia internasional

Menurutnya, konsep Buruan SAE telah menarik perhatian dunia internasional dengan menjadi salah satu dari 215 anggota Milan Urban Policy Pact (MUPP).

“Di Milan, Bandung menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia, bahkan di ASEAN mungkin yang ikut di MUPP ini. Tahun 2020 Pak Wali itu sudah tanda tangan langsung keanggotaan kita bersama 215 anggota dari berbagai negara,” ucap Gin Gin pada acara Bandung Menjawab Taman Dewi Sartka Bandung, Kamis 7 Oktober 2021

Baca Juga:  Minyak Goreng Naik Drastis, Disdagin Kota Bandung Gelar Operasi Pasar Murah

Tidak hanya menjadi anggota biasa, namun konsep Buruan SAE diapresiasi dan beberapakali ditunjuk sebagai narasumber utama dalam kesempatan pertemuan.

“Kita sudah beberapa kali presentasi di hadapan mereka, dan mereka itu sangat tertarik untuk mempelajari konsep berkebun dengan Buruan SAE ini. Karena kita paling komplit yang terintegrasi dengan banyak aspek,” ungkap Gin Gin.

Selain di panggung internasional, Buruan SAE belum lama ini mendapat apresiasi dari Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin. Pada 29 September 2021 lalu, orang nomor dua di Indonesia ini datang langsung melihat Buruan SAE di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo.

Baca Juga:  Yana Mulyana Dukung Pesepak Bola Wanita di Kota Bandung

Gin Gin mengaku sudah menawarkan beberapa alternatif lokasi kepada Ma’ruf sebelum kunjungan ke sejumlah tempat. Namun, Wapres tetap memilih Buruan SAE di Kelurahan Pajajaran.

“Kenapa Burun SAE jadi salah satu yang dikunjungi? Jadi saat awal akan kunjungan Pak Wapres mencari salah satu model pemberdayaan masyarakat dan pemulihan ekonomi yang cukup berhasil. Sudah ditawarkan beberapa model tapi kemudian beliau menunjuk Buruan SAE di Pajajaran,” bebernya.

Menurut Gin Gin, ketika berdiskusi pun Ma’ruf tampak sangat puas dengan pilihannya menuju ke Kelurahan Pajajaran. Mengingat Buruan SAE di lokasi tersebut cukup bagus lantaran menunjukan hasil signifikan.

“Beliau sempat kagum dan sempat menyatakan tidak menyangka di Kota Bandung yang mungkin kota besar tapi ada yang bisa jadi lahan hijau. Beliau akan menginstruksikan untuk dilakukan di daerah kota kabupaten lain,” ulasnya.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Lakukan Pembatasan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Gin Gin mengugkapkan, dalam waktu dekat ini Menteri BUMN, Erick Thohir juga akan datang ke Bandung untuk mengapresiasi Buruan SAE. Kali ini, tujuannya yakni kelompok Buruan SAE As Shidiq, Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung.

“Tanggal 9 Oktober saya mendapatkan informasi Pak Menteri BUMN akan hadir di salahsatu keompok Buruan SAE namanya kelompok As Shidiq. Mereka berhasil memanfaatkan lahan di sekitar SUTET, lahan yang biasanya tidak termanfaatkan dibudidayakan menjadi Buruan SAE. jadi ada memanfaatkan lahan yang tidak produktif,” pungkasnya.

(amt)