Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Ekbis ยท 8 Feb 2021 19:37 WIB

Ridwan Kamil Ajak India Berinvestasi di Jabar


 Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menyambut hangat kedatangan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (8/2/2021). (Foto: Pipin/Humas Jabar) Perbesar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menyambut hangat kedatangan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (8/2/2021). (Foto: Pipin/Humas Jabar)

BANDUNG NEWS – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyambut hangat kedatangan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (8/2/2021). Dalam kunjungan resmi kenegaraan tersebut, kedua belah pihak menjajaki kerja sama di sejumlah sektor potensial. Salah satunya adalah sektor pertanian.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengajak pengusaha dan perusahaan agrikultur India untuk berinvestasi di Jabar. Selain itu, transfer pengetahuan dan teknologi pertanian pun dapat dilakukan.

Baca Juga:  Ini Sejumlah Persyaratan Harus Dipenuhi Bagi Karyawan yang Ingin Dapat BLT BPJS

“Saya mengajak perusahaan pertanian di India untuk berinvestasi juga transfer teknologinya ke petani kita,” kata Kang Emil.

Kang Emil pun mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar menggagas program Petani Milenial. Dalam program tersebut, generasi milenial Jabar diharapkan mampu memanfaatkan lahan-lahan tidak produktif dengan menanam komoditas pertanian.

Hasil panen generasi milenial nantinya akan dibeli oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jabar. Dengan begitu, petani milenial tidak usah mencari pasar. Kang Emil berharap dengan program tersebut tingkat pengangguran dapat ditekan.

Baca Juga:  Resmikan Jembatan Gantung Simpay Asih, Ridwan Kamil: Ekonomi Warga Bisa Meningkat

“Saya sudah deklarasikan program petani milenial, yaitu mengajak generasi muda untuk mau bertani di lahan yang sudah kami siapkan,” ucapnya.

“Kami tidak ingin menggunakan cara konvensional dalam bertaninya, saya sedang mencari teknologi pertanian yang bisa saya terapkan,” imbuhnya.

Selain itu, Kang Emil juga mengajak perusahaan India untuk berinvestasi di Rebana Metropolitan. Rebana Metropolitan merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Baca Juga:  Cetak Perempuan Remaja Wirausaha, Jabar Pilot Project Sejuta Putri Brilian

Rebana Metropolitan juga diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan.

“Di Jabar utara kami sedang membangun 13 kota baru yang masuk di kawasan Rebana Metropolitan. Saya harap India bisa masuk di kota baru tersebut, ini peluang besar,” tandasnya.

(Mil)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Digelar di Ponpes Miftahul Huda, GMP Berbagi Berlangsung Khidmat

28 November 2022 - 23:25 WIB

GMP Berbagi

Bantu Rakyat Kecil, GMP Karawang Gelar Bazar Sembako Murah

27 November 2022 - 14:11 WIB

Jabar MoU dengan Pemerintah Pusat, Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

19 November 2022 - 07:46 WIB

Antisipasi Dampak Resesi, PemProv Jawa Barat Siapkan Subsidi BLT Pekerja

18 November 2022 - 08:13 WIB

Ridwan Kamil Minta Polemik Pembangunan Masjid Margonda Depok di Musyawarahkan Sebaik Mungkin

18 November 2022 - 08:08 WIB

GMP Jabar Gelar Program Peduli Kasih, 100 Warga Ikuti Pengobatan Alternatif Gratis

13 November 2022 - 11:24 WIB

Trending di News