Menu

Mode Gelap
 

Jabar · 19 Sep 2020 16:49 WIB

Ridwan Kamil Berikan Jasa Endorsement Bagi Pelaku UMKM Begini Caranya!


 Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan sambutan dalam acara Perbesar

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan sambutan dalam acara "Marketeers Festival 2020" melalui videoconference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (19/9/2020)

BANDUNGNEWS.ID, – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, secara suka rela akan berikan jasa endorsement untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terkhusus warga Jawa Barat. Demikian dilkukan Emil sapaan akrab Gubernur, untuk mendukung bangkitnya 37 ribu UMKM Jabar yang terdampak pandemi global COVID-19.

Bagi pelaku UMKM yang ingin meminta endorsement, caranya cukup mudah dengan langsung menghubungi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar di Kota Bandung untuk selanjutnya akan dikurasi dan dipilih.

“Mungkin tidak bisa semua (terpilih), tapi yang beruntung akan mendapatkan promosi dan kolaborasi dari saya. Dan ini untuk pelaku UMKM di Jabar dan se-Indonesia, tapi prioritas untuk UMKM di Jawa Barat. Sekarang sudah mulai, tapi supaya terorganisasi bisa kontak ke Dinas KUK (Jabar),” katanya.

Baca Juga:  Sidang Tahunan MPR, Presiden Jokowi Berbusana Adat Sabu NTT

Untuk prodak yang terpilih nantinya Gubernur akan turut serta dalam proses mendesain produk tersebut sehingga ia bisa menjalin ikatan emosional dengan produk tersebut. Kolaborasi mendesain produk ini pun dipilih berbekal latar belakangnya sebagai arsitek.

“Saya sedang kurasi produk-produk yang akan saya endorse, yang juga saya desain. Dengan 20 juta follower (di media sosial) saya bisa membantu mempromosikan,” ujar Kang Emil dalam sambutannya di acara “Marketeers Festival 2020” melalui videoconference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga:  Bersama Dubes Inggris, Ridwan Kamil Bahas Penggunaan Energi Baru Terbarukan

“Ini beyond marketing. Jadi, selain memasarkan juga menjadi desainer. Itu tawaran saya kepada produk-produk UMKM di Jabar, jadi ada edisi Ridwan Kamil untuk sepatu, jaket, desain radio, motor, dan lain-lain. Ini tawaran saya kepada semua yang mau produknya saya endorse, syaratnya kita kolaborasi,” tambahnya.

Dalam acara “Marketeers Festival 2020” ini,  Emil juga menjelaskan bahwa untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi, pelaku UMKM khususnya di Jabar bisa memanfaatkan beberapa hal, contohnya bantuan akses modal di bank bjb.

Baca Juga:  Pendamping Posyandu Berperan Penting Cetak SDM Unggul

Pemerintah pusat pun telah menyimpan dana Rp2 triliun di bank bjb untuk membantu memulihkan ekonomi di sektor UMKM Jabar.

Selain itu, UMKM bisa membangkitkan ekonominya dengan dukungan terhadap ekosistem baik dari sisi pemasaran maupun kualitas produk, termasuk dengan meningkatkan kualitas dari segi desain produk.

(Mil)

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPRD Jabar Apresiasi Surat Edaran Siaran Keagamaan KPID Jabar

18 Agustus 2022 - 18:39 WIB

Genap Berusia 6 Tahun, MEDIAJABAR.COM Gabungkan Jurnalistik dengan Sistem Teknologi Digital

18 Agustus 2022 - 11:07 WIB

Dihadiri Bupati Anne, DPRD Purwakarta Gelar Rapat Paripurna Terkait 2 Raperda

17 Agustus 2022 - 18:49 WIB

Wagub Jabar Dukung Program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha di Kota Depok

16 Agustus 2022 - 11:00 WIB

Ridwan Kamil Hadiahi 72 Pengantin Baru Honeymoon di Hotel Berbintang

16 Agustus 2022 - 10:30 WIB

Revitalisasi Situ Ciburuy, Ridwan Kamil: Sekarang Sudah Terlihat Bersih

14 Agustus 2022 - 08:00 WIB

Trending di Jabar