Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Jabar · 29 Mar 2021 07:00 WIB

Ridwan Kamil: Hasil Survei Optimisme Ekonomi Top of Mind Masyarakat


 Ridwan Kamil: Hasil Survei Optimisme Ekonomi Top of Mind Masyarakat Perbesar

BANDUNG NEWS – Optimisme ekonomi saat ini menjadi atas pikiran atau _top of mind_ masyarakat. Ini adalah persepsi yang sama saat menapaki tahun 2020 sebelum pandemi COVID-19.

Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri via daring webinar rilis survei Charta Politika Indonesia bertajuk “Evaluasi Kebijakan, Aktivitas Masyarakat dan Peta Politik Triwulan I 2021 di Gedung Pakuan Bandung, Minggu (28/3/2021).

“Saya melihat terjadi optimistisme yang besar di survei Charta Politika. Saya lihat, optimisme ekonomi pada Februari 2020 sekitar 60 persen kemudian anjlok, per hari ini sudah di atas 60 persen. Artinya, optimisme ekonomi yang menjadi _top of mind_ masyarakat hari ini sudah hampir sama dengan periode sebelum COVID-19,” kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Baca Juga:  DPRD Jabar Setujui Raperda Perubahan APBD TA 2020 Menjadi Perda

Menurut Gubernur, orang cenderung mau divaksin setelah tokoh masyarakat berkampanye kemudian disuntik dan menjadi teladan. Sehingga tak ada lagi perdebatan fundamental. Hal yang ada tantangan seperti kapasitas vaksin.

“Kalau di daerah itu tupoksinya menyuntik. Pemerintah Pusat menyediakan barangnya. Kalau barangnya tidak ada, kami sedih juga. Kalau barangnya banyak, kami kerjanya yang paling tertantang, kira-kira begitu. Saya doakan suplai vaksin tetap ada,” katanya.

Baca Juga:  Sejumlah Fraksi DPRD Jabar Utarakan Pandangan 4 Raperda Pemprov Jabar

Ridwan Kamil menilai kondisi 2021 sangat berbeda dengan kondisi tahun lalu, meskipun sama-sama masih dalam masa pandemi COVID-19. Saat ini, masyarakat cenderung lebih optimistis dibandingkan tahun lalu.

“Situasi 2020 berbeda dengan situasi 2021. Tahun 2020 kita tidak punya instrumen yang melimpah untuk pengetesan. Dulu, rapid test antibodi itu tidak ada pilihan lain walaupun dinyatakan tidak akurat. Sekarang, 2021 kita sudah ada rapid test antigen, lebih akurat, bisa tes di mana-mana sehingga masyarakat cenderung lebih optimistis,” ujarnya.

Baca Juga:  Indonesia – Jerman Kerja Sama Infrastruktur Hijau di Jabar

Ditambah lagi, kondisi saat ini dengan adanya pelaksanaan program vaksinasi massal yang gencar dilakukan pemerintah pusat dan daerah, masyarakat semakin optimistis menyambut kembali kegiatan normal seperti sebelum masa pandemi COVID-19.

(Mil)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Weni Dwi Aprianti Minta Pemerintah Prioritaskan Kesehatan Pengungsi Gempa Cianjur

9 Desember 2022 - 10:12 WIB

DPRD Jabar Minta Pemprov Gali Potensi Alam Guna Tingkatkan PAD

9 Desember 2022 - 09:58 WIB

Minim Sosialisasi ASO, DPRD Jabar: Padahal Program Strategis

7 Desember 2022 - 17:11 WIB

Fraksi PKS DPRD Jabar Minta Anggaran Tanggap Bencana Ditambah

7 Desember 2022 - 16:48 WIB

Digelar di Ponpes Miftahul Huda, GMP Berbagi Berlangsung Khidmat

28 November 2022 - 23:25 WIB

GMP Berbagi

Jabar MoU dengan Pemerintah Pusat, Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

19 November 2022 - 07:46 WIB

Trending di Jabar