Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Uncategorized ยท 10 Des 2020 17:32 WIB

Ridwan Kamil Minta Perbankan Lebih Aktif untuk Menyalurkan Kredit kepada Petani


 Ridwan Kamil Minta Perbankan Lebih Aktif untuk Menyalurkan Kredit kepada Petani Perbesar

BANDUNG NEWS – Produktivitas para petani saat ini dinilai masih kurang. Karena itu, maka Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) meminta perbankan khususnya bank bjb lebih aktif untuk menyalurkan kredit kepada petani.

Emil menjelaskan, produktivitas pertanian dalam negeri khususnya Jawa Barat masih rendah.

Ini terlihat dari masih bergantungnya terhadap produk pertanian impor. Bahkan, Emil menyebut bukan tidak mungkin pada tahun depan Jawa Barat akan krisis pangan akibat dikuranginya volume ekspor pangan dari sejumlah negara seperti Vietnam.

Menurut dia, salah satu faktor penyebab rendahnya produktivitas pertanian adalah belum maksimalnya peran perbankan dalam menyalurkan kredit bagi petani. “Perbankan harus mendukung penuh revolusi pangan,” katanya saat meluncurkan Westa Java Food & Agriculture Summit 2020, di Bandung, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga:  BOR di Jabar Terus Turun, Posko Oksigen Tetap Dibutuhkan

Sebagai contoh, Emil meminta perbankan khususnya bank bjb dan BUMN agar lebih aktif turun ke kawasan pertanian untuk memberi pinjaman modal bagi petani. “Jangan tunggu bola, jangan gunakan politik jaga warung yang menunggu orang lewat,” katanya.

Terlebih, Emil menilai selama ini kalangan petani sulit untuk mendapat pinjaman modal dari perbankan. Sehingga, tambah dia, tidak mengherankan jika petani menjadi sasaran empuk para rentenir.

“Padahal bagi mereka besaran bunga enggak masalah. Yang jadi masalah kemudahan aksesnya,” kata dia.

Lebih lanjut Emil mengatakan, masih rendahnya produktivitas pangan dikarenakan semakin sedikitnya jumlah petani di daerah pertanian. Menurut dia, saat ini 75% petani sudah berusia di atas 45 tahun.

Baca Juga:  80 Ribu Pasien Covid-19 di Jabar Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah

“Anak-anak muda tidak ingin menjadi petani,” ujarnya. Oleh karena itu, pihaknya menggagas program 1.000 petani milenial untuk menumbuhkan minat bertani di kalangan anak muda.

Melalui program ini, Emil berharap anak muda membawa perubahan terhadap masa depan pangan Tanah Air khususnya Jawa Barat. Dengan cara inipun, Emil berharap pertanian di Jawa Barat lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi.

Nantinya, lanjut Emil, dalam program ini petani muda akan diberi lahan untuk digarap menjadi kawasan pertanian. “Lahan-lahan yang tidak terpakai milik pemda, akan dipinjamkan kepada petani milenial,” katanya.

Baca Juga:  Persib: Kondisi Dado Semakin Membaik

Menurutnya, setiap petani muda akan mendapatkan lahan minimal satu hektare untuk bertani. Adapun komoditas yang ditanam akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan kondisi lahan.

Tak hanya itu, pihaknya pun akan mencarikan offtaker baik di dalam maupun luar negeri sehingga mereka bisa berkolaborasi untuk menentukan komoditas apa yang dibutuhkan pasar. “Jadi mereka tidak perlu bingung-bingung memikirkan hasil pertaniannya akan dijual ke mana,” ujarnya.

Tak hanya itu, menurutnya petani milenial inipun akan didorong untuk menggunakan teknologi dalam bertani. Dengan begitu, dia meyakini produktivitasnya akan meningkat bahkan mampu menembus pasar global. “Pemanfaatan teknologi, terutama yang berbasis internet,” katanya.

(une)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Doakan Ganjar Pranowo, GMP Gelar Program Mengaji

24 November 2022 - 10:29 WIB

Cara Cek dan Registrasi IMEI Untuk Pelanggan XL Axiata

28 Oktober 2022 - 07:14 WIB

Fakta: Perempuan Lebih Mengingat Kata-kata Dibandingkan Laki-laki

19 Oktober 2022 - 09:05 WIB

3 Tersangka Judi Online Ditangkap, Polisi: Bukan Jaringan Apin BK

15 Oktober 2022 - 09:42 WIB

Hati-hati, BMKG Sebut Cuaca Ekstrem di Jawa Barat akan Terjadi Sepekan Kedepan

10 Oktober 2022 - 10:08 WIB

Rizky Billar Mangkir dari Pemeriksaan, Kedapatan Ngamuk di Media Sosial

10 Oktober 2022 - 09:48 WIB

Trending di Uncategorized