Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Jabar · 21 Nov 2022 21:32 WIB

Ridwan Kamil Paparkan Empat Inovasi Unggulan dalam Tahap Penilaian IGA 2022


 Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memaparkan empat inovasi unggulan Pemda Provinsi Jabar kepada tim penilai _Innovative Government Award_ (IGA) 2022 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (21/11/2022). Perbesar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memaparkan empat inovasi unggulan Pemda Provinsi Jabar kepada tim penilai _Innovative Government Award_ (IGA) 2022 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (21/11/2022).

BANDUNG NEWS – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memaparkan empat inovasi unggulan kepada tim penilai _Innovative Government Award_ 2022 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (21/11/2022).

Keempat inovasi tersebut, yakni JELITA ( _Jabar Electronic Information Assistance_ ), SI LINDA Jabar (Sistem Informasi Pengendalian Inflasi Daerah Jawa Barat), Akselerasi Pembangunan Desa Berbasis Indeks Desa Membangun, serta Jabar Caang.

Tim Penilai _Innovative Government Award_ (IGA) 2022 berasal dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Kementerian Dalam Negeri, dan Lembaga Administasi Negara.

Aplikasi berbasis website JELITA dibuat dalam merespons Undang-undang Cipta Kerja yang mana sistem perizinan harus menggunakan OSS-RBA.

Baca Juga:  Banyak Pemain Curacao Belum Divaksin, Laga Lawan Timnas Indonesia Tetap Digelar

Selain mendukung pengelolaan izin OSS-RBA, JELITA membuat pekerjaan pegawai Dinas PMPTSP menjadi semakin dinamis, fleksibel dan cepat. Bahkan, JELITA sudah direplikasi oleh 16 Pemda Provinsi dan 8 Pemda Kabupaten/ Kota.

Sementara SI LINDA merupakan pusat data multistakeholders pengendali inflasi di Jabar. Aplikasi ini mampu mendeteksi adanya kenaikan harga pangan andil inflasi, pendeteksi laju inflasi pangan bulanan di kabupaten/ kota, dan satu data harga pangan daerah.

Sedangkan Akselerasi Pembangunan Desa Berbasis Indeks Desa Membangun memberikan pemahaman bagi desa tentang pentingnya data sebagai dasar dalam penyusunan rencana.

Pemerintah desa juga didorong untuk berpikir solutif dan tepat sasaran dalam menyelesaikan kebutuhan dan permasalahan desa.

Baca Juga:  Warga Bandung Wajib Tahu, Begini Cara Main Boy-boyan

Sedangkan Program Jabar Caang merupakan pemberian akses tenaga listrik bagi masyarakat tidak mampu melalui skema Pentahelix.

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengatakan, di bawah kepemimpinannya, ia mewajibkan setiap dinas membuat minimal satu inovasi setiap tahunnya, sehingga dalam kurun waktu dua tahun, Pemda Provinsi Jabar telah memiliki 167 inovasi, yang terdiri dari 44 inovasi daerah, 74 inovasi pelayanan publik, dan 49 inovasi tata kelola pemerintahan daerah.

“Di bawah kepemimpinan kami, kami mewajibkan setiap tahun dinas membuat minimal satu inovasi, sehingga dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun, 2020 sampai akhir 2021, kami sudah memiliki 167 inovasi,” ucapnya.

Baca Juga:  Terobosan Program "Jabar Nyaah ka Jamaah", Jabar Tes PCR Gratis Calon Jemaah Haji

Kang Emil menegaskan, Jabar adalah provinsi yang penuh dengan inovasi secara konkret dalam merespons segala permasalahan.

” West Java Smart Province, mulai dari smart economy, smart people, smart goverment, smart environment, smart society, smart infrastructure.  kami terjemahkan ke dalam aplikasi dan inovasi,” tuturnya.

Adapun penilaian empat inovasi yang dipaparkan Kang Emil merupakan tahapan menuju penentuan pemerintah daerah paling inovatif dalam ajang IGA 2022. Pada IGA 2021, Jabar ada di tiga besar Pemda terinovatif.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPRD Jabar Ungkap Kekurangan Penataan Kawasan Cihideng Tasikmalaya

7 Desember 2022 - 17:24 WIB

Hadiri Pelantikan ABPPTSI Jabar, Sekda: Mitra Strategis Bentuk SDM Berkualitas

22 November 2022 - 19:20 WIB

Uu Ruzhanul Minta Masyarakat Perkuat Ekonomi Melalui UMKM

22 November 2022 - 19:04 WIB

Pesan Uu Ruzhanul kepada Pelajar: Cintai Alam, Banyak Berorganisasi

21 November 2022 - 13:39 WIB

Jabar International Marathon, Ridwan Kamil: Perkuat Sport Tourism Jabar

21 November 2022 - 13:37 WIB

Gubernur Ridwan Kamil Tutup Porprov XIV , Bekasi Juara Umum, Ciamis 10 Besar

21 November 2022 - 06:45 WIB

Trending di Jabar