Menu

Mode Gelap
 

Jabar · 13 Jun 2022 05:40 WIB

Sekda Jabar Buka Piala Gubernur Jawa Barat 2022


 Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja membuka Kejuaraan Softball Piala Gubernur Jawa Barat di Lapangan Softball Lodaya, Jalan Lodaya, Kota Bandung, Minggu (12/6/2022). Pada kesempatan tersebut Para Atlet dan seluruh tamu undangan memakai pita hitam di lengan sebagai ungkapan rasa dukacita atas wafatnya Emmeril Khan Mumtadz bin Ridwan Kamil. Perbesar

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja membuka Kejuaraan Softball Piala Gubernur Jawa Barat di Lapangan Softball Lodaya, Jalan Lodaya, Kota Bandung, Minggu (12/6/2022). Pada kesempatan tersebut Para Atlet dan seluruh tamu undangan memakai pita hitam di lengan sebagai ungkapan rasa dukacita atas wafatnya Emmeril Khan Mumtadz bin Ridwan Kamil.

BANDUNG NEWS- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja membuka Piala Gubernur Jawa Barat 2022 yang digelar 11 – 19 Juni 2022 di Lapangan Softball Lodaya, Kota Bandung, Minggu (12/6/12).

Piala Gubernur 2022 akan mempertandingkan softball, e-sport, dan judo. Softball menjadi yang pertama dibuka.

Setiawan mengatakan Piala Gubernur 2022 ini penting dalam menyiapkan atlet PON XXI/2024. Peserta yang mengikuti kurang lebih berumur di bawah 23 tahun, tapi menurutnya harusnya dimulai sejak dini setidaknya dari usia sekolah.

“Namun dengan kita start di awal seperti ini, mudah-mudahan bahwa atlet-atlet berprestasi akan segera muncul saat ini. Kita punya waktu 2022 dan 2023, saya rasa cukup untuk dimatangkan di 2024. Jadi puncak prestasi mudah-mudahan di tahun 2024, di PON nantinya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Mayors Retreat U20 Usai, Sekda Tegaskan Kolaborasi Harus Berlanjut

“Jadi setelah mendapatkan atlet-atlet prestasi yang terpilih, bahwa selama dua tahun efektif pada PON. Pembinaannya bisa macam-macam. Jadi biasanya jauh-jauh hari kita kan mulai meningkatkan fisik-fisik mereka, pelatihan dengan beban dan sebagiannya,” imbuhnya.

Tahapannya setelah Gubernur Cup, nantinya akan dilaksanakan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Provinsi Jawa Barat kemudian seleksi kualifikasi untuk PON. Sebagai mantan atlet softball terbaik nasional, Setiawan berharap atlet softball Jabar mampu mendapatkan emas lagi.

Sekda memulai olahraga softball sejak tahun 1977, sejak SMP. Softball mulai dipertandingan sebagai cabor di PON tahun 1969, namun Jawa Barat baru meraih emas untuk putra tahun 1989 dan putri tahun 2000.

Baca Juga:  Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung Jadi Percontohan Desa Antikorupsi di Indonesia

Terakhir, Setiawan berpesan pada peserta harus fokus. “Jadi kalau bertanding itu kuncinya satu aja yaitu fokus jangan mikirin yang lain dulu. Ini kuncinya saya juga. Walaupun dulu pendidikan saya enggak lebih longgar pada saat diberikan dispensasi saat ini, tetapi fokus itu harus. Karena kalau bercabang pastinya akan buyar prestasi pun tidak akan maksimal,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat Asep Sukmana mengatakan, Piala Gubernur 2022 mempertandingkan tiga cabang olahraga yaitu e-sport, softball, dan judo. Untuk saat ini kejuaraan softball diikuti sembilan grup putra dan delapan grup putri dari sembilan kabupaten/kota di Jawa Barat.

Baca Juga:  Softball Piala Gubernur U-20, Pintu Gerbang Jabar Menuju PON XXI/2024

Daerah tersebut yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Karawang, dan Kota Tasikmalaya.

“Terakhir yang perlu kita laporkan pula kegiatan ini merupakan kolaborasi antar-pemerintah daerah dalam hal ini adalah Dispora Provinsi Jawa Barat, KONI, dan Perbasasi Jawa Barat. Mudah-mudahan berjalan lancar hingga selesai, intinya kita bisa menemukan bakat-bakat atlet untuk tahun 2024 mendatang,” imbuh Asep. (FF)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Harga BBM Naik, Ridwan Kamil Minta Pasokan BBM Bersubsidi Diawasi agar Tepat Sasaran

5 September 2022 - 18:44 WIB

Dinas Sosial Jawa Barat Bantu ODHA Tetap Beraktivitas Sosial dan Beri Pelatihan

3 September 2022 - 12:26 WIB

Mayors Retreat U20 Usai, Sekda Tegaskan Kolaborasi Harus Berlanjut

2 September 2022 - 12:31 WIB

Ridwan Kamil Resmikan Sekolah Dasar Akhyar International Islamic School

2 September 2022 - 12:27 WIB

Dinkes Jabar Rutin Tes HIV pada Kelompok Rentan

2 September 2022 - 12:21 WIB

Anggota DPRD Jabar Monitoring Pelaksanaan ANBK 2022

2 September 2022 - 11:14 WIB

Trending di Jabar