Selain Diet, Jalankan 5 Cara Ini Bisa Menurunkan Berat Badan


BANDUNG NEWS – Salah satu cara untuk menurunkan berat badan biasanya dilakukan dengan cara diet. Ternyata menurunkan berat badan bisa juga dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan cara pola makan dan pola hidup teratur.

Melansir dari PMJ News pada 13 Juni 2021, lima pola ini bisa dilakukan bagi yang ingin menurunkan berat badan tanpa melakukan diet ekstrem.

1. Makan Teratur
Sebagaimana dilansir WebMD, makan teratur membantu Anda mencegah makan secara berlebihan. Untuk itu, cari tahu frekuensi makan yang paling berhasil dan patuhi itu.

2. Cukupi Asupan Air
Memulai pagi Anda dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi Anda, atau jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda, setidaknya selama 60 menit.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Charm Indonesia Kenalkan Konsep Gaya Hidup Ethical Living for SDGs

Menurut Healthline, air juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan pada beberapa individu.

3. Olahraga di Pagi Hari

Melakukan beberapa aktivitas fisik di pagi hari dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Satu studi pada 50 wanita yang kelebihan berat badan mengukur efek latihan aerobik pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Charm Indonesia Kenalkan Konsep Gaya Hidup Ethical Living for SDGs

Berolahraga di pagi hari dikaitkan dengan tingkat rasa kenyang yang lebih tinggi. Berolahraga di pagi hari juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari.

4. Jangan Lakukan Kegiatan Lain Saat Makan
Mungkin sulit untuk fokus pada makan ketika ada pekerjaan yang harus dilakukan dan Instagram untuk diperiksa. Namun, makan saat Anda terganggu dapat menyebabkan secara tidak sengaja mengambil lebih dari yang Anda butuhkan.

Makanan yang dimakan dari bungkusan dan sambil berdiri juga bisa jadi tak terkendali. Anda dapat berakhir makan lebih banyak daripada jika Anda duduk dan secara sadar menikmatinya.
Cobalah untuk makan secara perlahan, kunyah setiap gigitan, dan nikmati rasa makanannya.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Charm Indonesia Kenalkan Konsep Gaya Hidup Ethical Living for SDGs

5. Tidur Lebih Lama
Tidur sedikit lebih awal atau menyetel jam alarm Anda lebih lambat untuk tidur lebih lama dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kurang tidur dapat dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan
Satu studi kecil menemukan bahwa pembatasan tidur meningkatkan rasa lapar dan mengidam, terutama untuk makanan tinggi karbohidrat dan berkalori tinggi. Kurang tidur juga dikaitkan dengan peningkatan asupan kalori. [amt]