Tahun ini, Masjid Istiqlal Tidak Menggelar Sholat Idul Fitri 1442


Inside the largest mosque in southeast asia

BANDUNG NEWS – Tahun ini, Masjid Istiqlal tidak menggelar sholat Idul Fitri 1442 Hijriah. Dengan alasan masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, yang dikutip Purwakarta News dari PMJ News. Pada Selasa, 11 Mei 2021.

“Update terakhir, tahun ini Istiqlal tidak melaksanakan (sholat) Idul Fitri,” ujar Abu.

Baca Juga:  Densus 88 Anti Teror Tangka 13 Orang Terduga Teroris di Riau

Dia menjelaskan, alasan Istiqlal tak menggelar sholat Idul Fitri berjemaah tahun ini karena masih pandemi virus Covid-19.

Di samping itu, pihak masjid juga mematuhi peraturan pemerintah, dalam hal ini Menko PMK dan Menteri Agama, serta Gubernur DKI Jakarta ihwal panduan beribadah di masa pandemi Covid-19.

Ia pun kembali memastikan bahwa keputusan Istiqlal untuk tak menggelar sholat Ied berjamaah tahun ini sudah resmi. “Resmi,” pungkasnya.

Baca Juga:  Resmi, Pemerintah Terbitkan Aturan Perekrutan CASN, Cek Disini Syaratnya

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran Nomor SE 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat pandemi Covid-19.

Surat Edaran ini menjadi acuan pelaksanaan sholat Idul Fitri di masa pandemi tahun ini.

Dalam salah satu butir Surat Edaran itu, Yaqut meminta para lansia untuk tidak menghadiri sholat Idul Fitri secara berjamaah di masjid atau lapangan terbuka.

Baca Juga:  Jelang PTM Satgas Covid-19 Minta Semua Guru Divaksin Covid-19

“Bagi para lansia (lanjut usia) atau orang dalam kondisi kurang sehat dan baru sembuh dari sakit atau dari perjalanan, disarankan tidak menghadiri sholat Idul Fitri di masjid dan lapangan,” papar Yaqut, melalui siaran persnya.[amt]