Menu

Mode Gelap
 

Jabar · 14 Mei 2022 00:28 WIB

Tim Pendamping Keluarga Bergerak Bangun Keluarga Sejahtera


 Tim Pendamping Keluarga Bergerak Bangun Keluarga Sejahtera Perbesar

BANDUNG NEWS — Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari bidan, Kader Keluarga, dan Kader PKK, memiliki tugas untuk memberikan pendampingan kepada calon pengantin, khususnya mengenai masalah kesehatan.

Hal itu dikatakan Bidan Puskesmas Kalijati Kabupaten Subang, Tego Triswanti, usai menghadiri Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak Serentak di Alun-alun Kabupaten Subang, Kamis (12/5/2022).

Menurut Tego, petugas TPK bertugas memberikan pemahaman dan masukan mengenai kesehatan kepada calon pengantin, baik sebelum menikah maupun sesudah menikah. Itu dilakukan sebagai upaya mencegah stunting sejak dini.

Baca Juga:  Jabar Akan Intens Sosialisasi Pelatihan dalam Kartu Prakerja

“Dalam konsultasi, kita melakukan pengecekan kesehatan calon pengantin, cek darah. Kita lakukan tiga bulan sebelum mereka menikah sehingga ada waktu untuk perawatan jika ditemukan ada masalah,” kata Tego.

“Kita juga memberikan arahan cara menjaga kesehatan, terutama setelah menikah dan saat hamil. Ini dilakukan untuk mencegah stunting,” imbuhnya.

Sedangkan Kader Keluarga Berencana Desa Kaliangsana, Asih, menuturkan bahwa selain memberikan pemahaman terkait masalah stunting, dalam konsultasi, pihaknya memberikan pemahaman pentingnya menjaga jarak kehamilan.

Baca Juga:  80 Ribu Pasien Covid-19 di Jabar Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah

“Calon pengantin harus sehat, pola makan harus terjaga juga perlunya mengatur jarak kehamilan. Ini penting untuk kesehatan semuanya, khususnya saat hamil,” ucapnya.

Asih menambahkan, bersama kader-kader pendamping lain, pihaknya melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap pasangan suami istri, mulai dari sebelum menikah, setelah mereka, sampai memiliki anak.

“Kita lihat kesehatannya, masalah asupan makanan, gizinya, baik untuk ibu maupun bayinya. Kita ingin kedepan mereka menjadi keluarga yang berkualitas,” tuturnya.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Percepat Realisasi Anggaran Penanganan Covid-19

Hal senada dikatakan Kader PKK Desa Kaliangsana, Nuraipah. Menurutnya, PKK memiliki peran yang sangat penting untuk membina dan membentuk keluarga yang lebih baik.

“Kita pantau kesehatan keluarganya, kebersihan lingkungan, kesehatan lingkungan, internal keluarga hingga bagaimana berkeluarga yang baik,” kata Nuraipah.

“Akhirnya kita ingin seluruh keluarga di Indonesia sejahtera,” imbuhnya.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Ade Kaca Sebut PKK Ujung Tombak Keutuhan NKRI

24 September 2022 - 16:00 WIB

DPRD Jabar Minta Rencana Peralihan Kompor Gas ke Listrik Jangan Sebatas Pencitraan

23 September 2022 - 16:42 WIB

Ketua DPRD Jabar Minta Penyaluran BLT BBM Terus Diawasi

23 September 2022 - 15:50 WIB

DPRD Jabar Berharap Pengembangan Desa Wisata Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi

23 September 2022 - 15:26 WIB

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, DPRD Jabar Berharap Pelajar Kenal dengan Calon Pemimpin 2024

23 September 2022 - 15:02 WIB

Garap Perda Wisata, DPRD Jabar Gelar Studi Komparasi dengan Pengelola Ancol

23 September 2022 - 14:33 WIB

Trending di Jabar