Menu

Mode Gelap
 

Jabar · 14 Mei 2022 00:28 WIB

Tim Pendamping Keluarga Bergerak Bangun Keluarga Sejahtera


 Tim Pendamping Keluarga Bergerak Bangun Keluarga Sejahtera Perbesar

BANDUNG NEWS — Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari bidan, Kader Keluarga, dan Kader PKK, memiliki tugas untuk memberikan pendampingan kepada calon pengantin, khususnya mengenai masalah kesehatan.

Hal itu dikatakan Bidan Puskesmas Kalijati Kabupaten Subang, Tego Triswanti, usai menghadiri Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak Serentak di Alun-alun Kabupaten Subang, Kamis (12/5/2022).

Menurut Tego, petugas TPK bertugas memberikan pemahaman dan masukan mengenai kesehatan kepada calon pengantin, baik sebelum menikah maupun sesudah menikah. Itu dilakukan sebagai upaya mencegah stunting sejak dini.

Baca Juga:  Jadi Kawasan Multifungsi Percepat Pemulihan Ekonomi, Situ Gede Bogor Mulai Dibangun

“Dalam konsultasi, kita melakukan pengecekan kesehatan calon pengantin, cek darah. Kita lakukan tiga bulan sebelum mereka menikah sehingga ada waktu untuk perawatan jika ditemukan ada masalah,” kata Tego.

“Kita juga memberikan arahan cara menjaga kesehatan, terutama setelah menikah dan saat hamil. Ini dilakukan untuk mencegah stunting,” imbuhnya.

Sedangkan Kader Keluarga Berencana Desa Kaliangsana, Asih, menuturkan bahwa selain memberikan pemahaman terkait masalah stunting, dalam konsultasi, pihaknya memberikan pemahaman pentingnya menjaga jarak kehamilan.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Terus Mendorong Terpenuhinya Intensif Nakes

“Calon pengantin harus sehat, pola makan harus terjaga juga perlunya mengatur jarak kehamilan. Ini penting untuk kesehatan semuanya, khususnya saat hamil,” ucapnya.

Asih menambahkan, bersama kader-kader pendamping lain, pihaknya melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap pasangan suami istri, mulai dari sebelum menikah, setelah mereka, sampai memiliki anak.

“Kita lihat kesehatannya, masalah asupan makanan, gizinya, baik untuk ibu maupun bayinya. Kita ingin kedepan mereka menjadi keluarga yang berkualitas,” tuturnya.

Baca Juga:  KAHMI Jabar dan ACT Bantu Warga di Masa Pandemi Covid-19

Hal senada dikatakan Kader PKK Desa Kaliangsana, Nuraipah. Menurutnya, PKK memiliki peran yang sangat penting untuk membina dan membentuk keluarga yang lebih baik.

“Kita pantau kesehatan keluarganya, kebersihan lingkungan, kesehatan lingkungan, internal keluarga hingga bagaimana berkeluarga yang baik,” kata Nuraipah.

“Akhirnya kita ingin seluruh keluarga di Indonesia sejahtera,” imbuhnya.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Gelar Turnamen Terbuka, Muhammad Farhan Regenerasikan Atlet Akuatik Olimpiade 2032

15 Juni 2022 - 13:27 WIB

Dinkes Jabar bersama Kab/Kota Layani Pemudik Mulai dari Kecelakaan Hingga Vaksin Booster

28 Mei 2022 - 13:14 WIB

Jawa Barat Tindaklanjuti Penjajakan PLTB dengan Investor Inggris

26 Mei 2022 - 22:32 WIB

Wagub Jabar Dorong Petani Generasi Zilenial Mampu Bangkitkan Jawa Barat Swasembada Pangan

25 Mei 2022 - 22:17 WIB

Jabar Raih Opini WTP Kesebelas Kalinya

25 Mei 2022 - 22:14 WIB

Pemda Provinsi Jabar Gagas Inovasi Pendanaan Pembangunan Kompetitif untuk tingkatkan kualitas perencanaan pembangunan

25 Mei 2022 - 22:05 WIB

Trending di Jabar