Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Ekbis · 5 Agu 2020 12:04 WIB

Tips Agar Bisa Menang di Pasar Online Bagi UMKM yang Saat Ini Go Digital


 ilustrasi/net Perbesar

ilustrasi/net

BANDUNGNEWS.ID – Di tengah pandemi COVID-19, Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diharapkan bisa tetap bertahan Dibutuhkan strategi dan upaya agar usaha bisa tetap berjalan lancar salah satunya dengan digitalisasi.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) wajib memanfaatkan teknologi digital. Menurut dia hal ini karena dengan go digital, pasar akan semakin terbuka lebar apalagi ditambah dengan adanya COVID-19 ini yang membuat orang harus berdiam diri di rumah. Adaptif dan inovatif pun menjadi syarat mutlak agar bisa terus bersaing di pasar digital yang sangat dinamis.

Baca Juga:  Antisipasi Dampak Resesi, PemProv Jawa Barat Siapkan Subsidi BLT Pekerja

“Digitalisasi ini menjadi sangat penting sekarang. UMKM yang bisa bertahan adalah yang bisa beradaptasi dan berinovasi produk,” kata Teten dalam diskusi Kagama Inkubasi Bisnis beberapa waktu lalu seperti dikutip dari detikfinance.

Dia mengungkapkan saat ini pasar e-commerce di Indonesia adalah salah satu yang terbesar di Asia Tenggara. Karena ada 150 juta pengguna internet. Hal ini merupakan ceruk ekonomi yang sangat besar.

Baca Juga:  Angka Konfirmasi Covid-19 di Kota Bandung Masih Terkendali

“Ke depan, kemungkinan work from home ini jadi model baru karena bisa lebih efisien, apalagi perilaku konsumen yang lebih senang belanja online,” jelasnya.

Menurut dia, UMKM juga harus jeli dan mengantisipasi pola-pola perubahan ini. Misalnya dengan gencar mengikuti edukasi inkubasi UMKM untuk masuk marketplace yang memang memiliki banyak tantangan.

Dia menyampaikan, UMKM juga harus siap dengan lonjakan penjualan saat masuk ke marketplace, siap dengan persaingan yang semakin ketat tak hanya dengan sesama UMKM tapi juga dengan brand besar.

Baca Juga:  Para Jenderal Angkat Pistol di Hadapan Kim Jong Un

“Begini, pasar UMKM kalau masuk marketplace bisa menjadi sangat luas, tapi jika kapasitas produksinya tidak cukup ya bisa ditinggalkan. Kemampuan manajemen juga harus ditingkatkan, karena akan berbeda antara offline dan online. Perlu reaksi cepat untuk merespon permintaan barangnya, jangan sampai kehilangan opportunity usahanya,” ujar dia. (red)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Antisipasi Dampak Resesi, PemProv Jawa Barat Siapkan Subsidi BLT Pekerja

18 November 2022 - 08:13 WIB

PT Agronesia Gandeng BRIN dan Politeknik ATK Yogyakarta Guna Kembangkan Usaha

10 November 2022 - 07:44 WIB

Rayakan Ulang Tahun ke-26 XL Axiata Lakukan Beragam Program Sosial

10 Oktober 2022 - 11:09 WIB

XL Axiata dan Huawei Raih Penghargaan pada TM Forum 2022 Catalyst Awards

5 Oktober 2022 - 08:43 WIB

G20 EMPOWER – Microsoft Indonesia Kolaborasi Tingkatkan Partisipasi Perempuan dalam Pertumbuhan Ekonomi Digital 

9 Juli 2022 - 12:53 WIB

Axiata dan XL Axiata Sukses Selesaikan Akuisisi 66,03% Saham Link Net

23 Juni 2022 - 21:44 WIB

Trending di Ekbis