Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

News ยท 6 Sep 2020 10:26 WIB

Tujuh Manfaat Jahe dan Madu untuk Kesehatan


 Madu dan Jahe (foto: net). Perbesar

Madu dan Jahe (foto: net).

BANDUNGNEWS.ID – Jahe dan madu merupakan bahan alami yang akrab dengan kehidupan manusia.

Tak hanya dijadikan sebagai bumbu atau bahan tambahan pada berbagai macam kuliner khas nusantara, jahe dan madu juga sering kali dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menjaga imunitas tubuh.

Berikut tujuh manfaat jahe dan madu untuk kesehatan:

1. Meredahkan Gejala Batuk dan Tenggorokan Sakit

Manfaat jahe dan madu yang pertama dapat meredakan gejala batuk dan tenggorokan sakit. Secara umum, kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat antiperadangan. Jadi, tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan. Kamu bisa menambahkan madu ke dalam ramuan jahe yang hendak kamu buat agar rasanya lebih manis dan manfaatnya lebih terasa.

Baca Juga:  PPI Secara Tegas Menolak Kebijakan Impor Beras

2. Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat jahe dan madu berikutnya dapat menjaga imunitas tubuh. Jika kamu ingin sistem imun tetap prima, maka konsumsi jahe dengan tambahan madu secara rutin akan sangat membantu menjaga kebugaran tubuh. Hal ini lantaran jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun.

3. Meredakan Nyeri Haid

Ketika sedang haid, mengonsumsi jahe dan madu merupakan pilihan yang tepat. Dilansir dari berbagai artikel kesehatan, sejumlah peneliti membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita.

Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat. Kamu bisa meminum perasan jahe dengan tambahan madu agar lebih segar dan manfaatnya lebih terasa, konsumsi secara rutin selama dua hari berturut-turut. Kamu akan merasakan, nyeri yang begitu menyiksa akan hilang.

Baca Juga:  7 Manfaat Buah Naga untuk Menjaga Stamina Tubuh

4. Menyembuhkan Sakit Kepala

Sifat analgesik yang terdapat pada madu dapat membuat sakit kepala yang kamu alami dapat teratasi. Selain itu, jahe yang dicampurkan dalam ramuan madu dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan. Selain itu, mengonsumsi madu dan jahe dapat membuat pikiran jauh lebih rileks, hal ini tentu saja dapat mengurangi risiko mengalami sakit kepala.

5. Detoksifikasi Tubuh

Madu mengandung enzim alami dan antioksidan yang dapat membasmi racun yang menumpuk dalam darah. Senyawa tersebut pun mengoptimalkan fungsi organ ekskretoris dan mengurangi risiko kerusakan sel. Kamu bisa menambahkan madu ke dalam wedang jahe yang kamu buat agar lebih segar dan kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga:  BPBD Jabar Fokus Peringatkan Beberapa Daerah Terkait Cuaca Ekstrim

6. Meredakan Sakit Otot

Terkadang orang merasakan badan terasa sangat sakit usai melakukan beberapa aktivitas. Obat yang sangat ampuh mengatasi ini adalah dengan mengonsumsi jahe dengan campuran madu. Dilansir dari berbagai sumber, menurut studi dari University of Georgia, Amerika Serikat, jahe memiliki efek antiperadangan yang juga berkhasiat mengurangi sakit otot. Dalam penelitian tersebut, para ahli melakukan riset terhadap 74 orang untuk melakukan beberapa latihan fisik.

7. Menghilangkan Jerawat

Selain bersifat anti-nyeri, jahe juga memiliki efek antiinflamasi yang biasanya terkandung pada kapsul atau pil-pil antijerawat. Kandungannya itu bisa mengatasi jerawat dengan cepat tanpa meninggalkan bekas. Cara menggunakannya, jadikan jahe sebagai masker dengan tambahan madu, atau cukup totolkan pada bagian wajah yang berjerawat.

(bnd)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Digelar di Ponpes Miftahul Huda, GMP Berbagi Berlangsung Khidmat

28 November 2022 - 23:25 WIB

GMP Berbagi

Bantu Rakyat Kecil, GMP Karawang Gelar Bazar Sembako Murah

27 November 2022 - 14:11 WIB

Jabar MoU dengan Pemerintah Pusat, Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

19 November 2022 - 07:46 WIB

Ridwan Kamil Minta Polemik Pembangunan Masjid Margonda Depok di Musyawarahkan Sebaik Mungkin

18 November 2022 - 08:08 WIB

GMP Jabar Gelar Program Peduli Kasih, 100 Warga Ikuti Pengobatan Alternatif Gratis

13 November 2022 - 11:24 WIB

Wagub Jabar Lepas Ekspor Tanaman Hias di CPF 2022

11 November 2022 - 12:28 WIB

Trending di Jabar