Menu

Mode Gelap
 

Jabar ยท 24 Agu 2020 10:56 WIB

Wagub Jabar Minta Desa Wisata Jaga Lingkungan Hidup


 Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum Perbesar

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum

BANDUNGNEWS.ID- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Desa Wisata Bumi Perkemahan Dayeuh Luhur di Desa Cikunten, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (23/8/20).

Adapun Desa Wisata merupakan salah satu program Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dalam membangun pemerataan ekonomi di perdesaan.

Dalam perwujudannya, Kang Uu pun berpesan agar pembangunan potensi wisata di desa ini harus tetap memperhatikan keasrian sekaligus menjaga lingkungan hidup.

Baca Juga:  Halal Bihalal dengan Budayawan Sunda, Ridwan Kamil: Kita Sepakat Lestarikan Karya di Majalah Mangle

“Pemprov Jabar mengembangkan Desa Wisata untuk mengembangkan potensi ekonomi yang ada di desa, karena di desa ini banyak potensi-potensinya mulai dari pertanian, kelautan, SDM, juga wisata,” ucap Kang Uu.

“Tetapi tetap, (memanfaatkan potensi wisata) harus menjaga lingkungan hidup, harus ada keseimbangan (dengan alam). Jangan sampai wisatanya dikejar, tetapi lingkungan hidup diabaikan,” tegasnya.

Baca Juga:  5 Poin Penting Dalam Menangani Pandemi Covid-19 Versi Yana

Kang Uu menambahkan bahwa dengan mengembangkan potensi wisata di desa, warga juga harus semakin sadar dan paham urusan pengelolaan sampah hingga pengelolaan ruang usaha di lokasi wisata.

“Masalah persampahan harus dipikirkan dan juga jangan sampai ada gejolak sosial dari pembukaan wisata. Artinya, dengan adanya wisata di desa-desa, harus membawa kemanfaatan dan kebaikan,” tutur Kang Uu.

Selain itu, pembangunan Desa Wisata juga diharapkan mampu mengurangi kesenjangan atau ketimpangan pembangunan ekonomi di desa.

Baca Juga:  Wagub Jabar: Jangan Ragukan Kepemimpinan Pjs Bupati Bekasi

“Dengan adanya program Desa Wisata ini, diharapkan minimal tidak terlalu jauh _gap_ antara daerah yang maju ekonominya dan yang belum maju,” ucap Kang Uu.

Dalam program Desa Wisata ini, Kang Uu menyatakan bahwa Pemda Provinsi Jabar memilih 10 desa dari masing-masing kabupaten/kota se-Jabar sebagai percontohan. [red]

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wagub Jabar Dukung Program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha di Kota Depok

16 Agustus 2022 - 11:00 WIB

Ridwan Kamil Hadiahi 72 Pengantin Baru Honeymoon di Hotel Berbintang

16 Agustus 2022 - 10:30 WIB

Revitalisasi Situ Ciburuy, Ridwan Kamil: Sekarang Sudah Terlihat Bersih

14 Agustus 2022 - 08:00 WIB

Menteri Koperasi dan UMKM Siap Permudah Akses Permodalan Usaha

13 Agustus 2022 - 18:11 WIB

Dorong Anggaran Panti Sosial, DPRD Jabar Soroti Aspek Sarana

12 Agustus 2022 - 22:56 WIB

Ridwan Kamil Luncurkan Program Tapal Desa

12 Agustus 2022 - 10:30 WIB

Trending di Jabar