Warga Binaan Lapas Purwakarta Produksi Kerajinan Tangan


BANDUNG NEWS – Warga Binaan Permasyarakat (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta, hasilkan karya dengan memproduksi kerajinan dari bahan kayu dan besi.

Karya yang dibuat warga binaan yaitu, meja TV, rak bunga, meja dan lainnya.

Sopiana mengatakan, hal ini sebagai upaya memberdayakan para WBP dalam suatu kegiatan kemandirian terutama bagi WBP yang mempunyai skill, serta keterampilan dalam bidang perkayuan dan perbengkelan.

Baca Juga:  Aniaya Warga, Polres Purwakarta Tangkap Tiga Orang Geng Motor

“Melalui kegiatan seperti ini juga bisa terpantau bahwa banyak WBP yang memiliki skill dalam membuat berbagai macam produk kerajinan, serta hasil yang didapatkan juga dikategorikan cukup baik dan mempunyai nilai jual,” ujar Sopiana, kepada wartawan pada  Kamis 16 September 2021.

Program kemandirian ini, kata dia, merupakan pembinaan dari penyelenggara pemasyarakatan petugas pemasyarakatan terutama di Lapas Purwakarta dalam mendidik serta membina para pelanggar hukum di Negara ini agar menjadi manusia sosial yang mempunyai skill dan keterampilan.

Baca Juga:  Aniaya Warga, Polres Purwakarta Tangkap Tiga Orang Geng Motor

“Dengan adanya program kemandirian yang nyata telah memberikan bukti konkret bahwa Lapas adalah tempat pembinaan. Nantinya, mereka bisa mengembangkan dan memiliki penghasilan sendiri dikemudian hari selepas menjalani masa pidana,” katanya.

Baca Juga:  Aniaya Warga, Polres Purwakarta Tangkap Tiga Orang Geng Motor

Tak menutup kemungkinan mereka pun akan mampu membuka lapangan kerja bagi warga lainnya di sekitar tempat tinggalnya nanti.

“Kami berharap dengan penyaluran bakat dan keterampilan mereka selama di dalam Lapas, akan memberikan penghasilan saat mereka menyelesaikan masa tahanan,” ucap Sopiana.

(amt)