Menu

Mode Gelap
 

Health · 23 Jul 2022 19:11 WIB

Waspada, Ini 4 Ciri Kadar Kolesterol Tinggi


 Waspada, Ini 4 Ciri Kadar Kolesterol Tinggi Perbesar

BANDUNG NEWS – Seringkali orang tidak menyadari kadar kolesterol dalam tubuhnya sudah melebihi batas normal, karena tidak merasakan gejala tertentu.

Kadar kolesterol akan diketahui hanya jika melakukan tes kolesterol. Meski begitu, sebenarnya ada ciri dan gejala untuk mengetahui kadar kolesterol tinggi.

Dilansir Bandung News dari laman Times of India pada Jumat, 22 Juli 2022, berikut ini sejumlah gejala kolesterol tinggi yang bisa Anda ketahui.

1. Mati Rasa di Kaki
Salah satu tanda kolesterol tinggi bisa jadi adalah perasaan mati rasa di kaki. Ini menandakan pembentukan plak telah berkembang di arteri dan pembuluh darah lainnya.

Baca Juga:  Sumbang 2 Gol, David Da Silva: Kami Pantas Menang

Gangguan aliran darah mencegah darah yang kaya oksigen mencapai lengan dan kaki, sehingga menyebabkan rasa sakit dan sensasi kesemutan yang tidak nyaman.

Tanda dan gejala lain dari penyakit pada tungkai dan kaki termasuk kram, luka yang tidak kunjung sembuh, dan tungkai atau kaki dingin.

2. Kuku Pucat
Plak inilah yang disimpan di arteri yang membuat arteri menyempit. Ketika kolesterol ekstra menyempit atau menyumbat arteri, maka itu membatasi aliran darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk kuku.

Baca Juga:  KPK Ingatkan Penyelenggara Pemilu Waspadai Politik Uang

Ini bisa membuat kuku dengan garis-garis gelap di bawahnya. Ini adalah garis tipis, merah hingga coklat kemerahan di bawah kuku. Garis-garis ini biasanya berjalan ke arah pertumbuhan kuku.

3. Pegal-pegal, Kesemutan dan Sakit Kepala
Mereka yang mengalami gejala kolesterol tinggi akan cenderung lebih mudah mengalami sakit kepala, pegal-pegal, mudah lelah, dan mudah mengantuk.

Ciri-ciri kolesterol tinggi ini ternyata disebabkan oleh semakin menurunnya asupan oksigen menuju ke otak karena menumpuknya plak di dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah.

Baca Juga:  Evakuasi Korban Banjir Bandang di Garut, Polda Jabar Turunkan Personel

4. Nyeri Persendian
Gejala kolesterol tinggi yang paling sering muncul adalah rasa nyeri atau ngilu pada persendian yang kemudian disertai dengan pembengkakan dan kulit kemerahan.

Selain itu, saat bangun tidur, penderita kolesterol tinggi juga cenderung mudah terkena kesemutan berulang-ulang kali. Jika kadar asam urat di dalam tubuh semakin tinggi, maka rasa nyeri dan pembengkakan juga akan menjadi semakin parah.***

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Konsumsi Minyak Ikan Dapat Turunkan Resiko Penyakit Jantung

14 Agustus 2022 - 06:58 WIB

5 Hobi yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

13 Agustus 2022 - 18:52 WIB

Jangan Mudah Percaya, Ini 5 Mitos Soal Cokelat

9 Agustus 2022 - 18:28 WIB

5 Manfaat Keju, Baik untuk Kesehatan Tubuh

8 Agustus 2022 - 08:00 WIB

4 Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong

7 Agustus 2022 - 18:51 WIB

Waspada, 5 Tanda Depresi yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

6 Agustus 2022 - 16:46 WIB

Trending di Health