Yana Mulyana Belajar Pengelolaan Sampah ke Kota Balikpapan


Asbes
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. (Foto: Humas Bandung)

BANDUNG NEWS – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, terkait penanganan dan pengelolaan sampah, Kamis 10 Juni 2021.

Dia nengatakan, Kota Balikpapan dipilih lantaran dikabarkan terbaik dalam penanganan sampah. Sehingga Pemkot Bandung ingin mereplikasinya.

Baca Juga:  Sekda Kota Bandung Himbau Petugas Verifikasi Data Bansos Harus Tepat Sasaran

“Kota Bandung ingin melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk mengatasi permasalahan sampah yang kian hari kian menumpuk,” kata Yana, dikutip dari laman Humas Pemkot Bandung.

Dia menjelaskan, pemkot Bandung akan melakukan kerja sama dengan enam kabupaten/kota dalam peralihan pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti ke Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka.

Baca Juga:  Dituduh Lepas Tangan Soal PPKM, Pemkot Bandung Mengaku Sesuai Aturan Pusat

“Dalam waktu dekat akan ada TPA regional, sehingga Pemkot Bandung ingin berdiskusi masalah pengolahan sampah di Kota Balikpapan karena disini relatif baik,” jelasnya.

“Dan mungkin bisa ditiru dan dimodifikasi oleh Pemkot Bandung, untuk membantu Kota Bandung dalam upaya mengatasi permasalah sampah di Kota Bandung,” sambungnya.

Baca Juga:  Soal Aksi Unjuk Rasa Tolak PPKM Darurat, Ini Sikap Kesbangpol Kota Bandung

Berdasarkan data yang dihimpun, terang Yana, Kota Bandung memproduksi sampah 1.500 ton/hari. Sampah-sampah tersebut dibuang ke TPA di luar Kota Bandung, bersama daerah lainnya di Bandung Raya.[amt]